Apa yang dilakukan jika laptop mati

Laptop mati .... Sebelum anda ambil keputusan untuk membeli yang baru (he...he.. emang gampang beli yang baru), coba lakukan simpel diagnosa berikut:

  • Di cek dulu, apakah adaptor laptop DC udah kecolok di stop kontak (kali aja lupa). Pastikan juga lagi ga mati lampu (nambah sewot deh ...). Uji laptop daya DC dengan voltmeter, jika ternyata adaptor bermasalah kita dapat menggantinya dengan yang orisinil atau generik/kompatibel. Jika pilihannya dengan menggunakan kompatibel karena pertimbangan ekonomis, pastikan output tegangan harus sama dengan yang asli dan ampere adaptor bisa sama atau lebih tinggi.
  • Setelah menekan pada tombol power dan laptop mulai membuat suara-suara normal, LED bekerja dengan benar, tetapi tetap tidak ada penampakan di layar. Maka, lihatlah dibawah cahaya terang, kemungkinan terlihat gambar secara samar. Jika ya, barangkali anda perlu men-switch output tampilan ke LCD internal dari monitor eksternal atau proyektor. Caranya dengan menekan secara bersamaan  tombol Fn dan F4 ( laptop HP) atau F5 (laptop Toshiba) atau F7 (IBM) tiap laptop berbeda dengan ciri icon 2 monitor kecil.

Jika diagnosa diatas telah dilakukan dan laptop masih juga membandel tidak menyala, barangkali inilah keputusan anda untuk membagi sedikit rezeki kepada teknisi komputer. Dan, jika dirasakan laptop sudah lama penyusutannya dan anda memerlukan laptop yang lebih fresh agar lebih bersemangat, saatnya anda mengunjungi vendor atau toko yang menjual laptop tentunya.


Terimakasih telah membaca artikel  Apa yang dilakukan jika laptop mati

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. di mandiin terus di sholatin langsung di kuburin aja sob,hehehe...

    BalasHapus
  2. @Ants Kaka yang mahal nyewa tanahya sob, mending minta dikuburin sama tukang loak.

    BalasHapus

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Tulis komentar dan saran dengan bijak, bersama kita menebar manfaat dan kebaikan.