Dimanakah menemukan keadilan

Tersenyumlah jika itu tanda bahagia telah menemukan keadilan dan tegaknya hukum,
namun apa daya anda jika itu hanya bualan dan permainan belaka ...

Pernyataan ini mengisyaratkan lautan harapan yang rasanya telah membanjiri dada bagi segenap manusia ber-KTP Indonesia yang rindu akan tegaknya keadilan atau pernyataan ini hanya berasal dari artikel iseng oleh saya yang telah lama gak posting.

Namun untaian peristiwa dan potret dari media informasi seolah memberikan gambaran nyata bahwa pekerjaan rumah itu masih teronggok bahkan bisa jadi tak bertuan. Kita bisa googling sendiri berbagai peristiwa hukum yang meremukkan hati, rasanya seperti lupa kalau kita juga merupakan bangsa yang besar.

Siapakah tuan yang berani membenahi permasalahan ini ? menjadi garda terdepan dan panutan 

Karena keadilan ini mendatangkan ketentraman dan kedamaian ...

Tentunya keadilan bukan sekedar kajian teoritis di bangku pendidikan, bukan pula ucapan para pakar yang memiliki jutaan referensi. Tapi berbagai upaya lelah yang mendatangkan keseimbangan hak dan kewajiban yang proporsional tiap lapisan masyarakat, menghindarkan dari kezhaliman atas orang lain.

Menurut M.Quraish Shihab, keadilan menjelaskan bahwa dalam makna keseimbangan ditemukan pada suatu kelompok yang di dalamnya terdapat macam-macam bagian guna menuju satu tujuan tertentu.

Tentunya bangsa yang besar ini setelah terbebas dari penjajahan kolonialis, bukankah memiliki cita-cita yang luhur ? berikhtiar secara sungguh-sungguh melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Semoga lelah kita nanti dalam mengupayakan keadilan membuahkan kehidupan berbangsa yang lebih baik, mewariskan kepada generasi penerus berbagai manfaat dan estafet teladan yang patut ditiru. Selain itu juga mampu bersaing dan memiliki keunggulan diantara bangsa-bangsa lain di muka bumi.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Tulis komentar dan saran dengan bijak, bersama kita menebar manfaat dan kebaikan.